Pages

Home » » Tahun Baru-an ke Situ Patenggang

Tahun Baru-an ke Situ Patenggang

Anak-anak sekolah yang baru selesai mengikuti UAS dan sebentar lagi libur jauh-jauh hari udah ngomongin mau liburan ke mana ?? ... Sebenarnya bukan hanya anak-anak sekolah, guru-gurunya juga sama, jauh-jauh hari sudah merencanakan segala sesuatunya. Tidak ketinggalan juga para civitas akademika, baik dari kalangan mahasiswa, peneliti, laboran, ilmuwan, pustakawan, para CEO perusahaan, sampai karyawan, semuanya sudah punya itu yang namanya itenerary buat tahun baru sekarang.




Kalau di Jawa Barat dan sekitarnya, masyarakat akan mendatangi tempat wisata yang sudah tekenal sejak zaman dahulu. Semisal Situ Patenggang, Kawah Putih, Cibuni, Situ Cileunca, Pantai Jayanti, Pantai Santolo, Tangkuban Perahu, Darajat, Ciater, Pelabuhan Ratu, Pangandaran, dan banyak lagi yang terlalu banyak untuk disebutkan.

Satu tempat yang direkomendasikan adalah Situ Patenggang. Berjarak 5.6 KM dari Kawah putih dan 4 KM dari Cibuni Ciwidey menambah komplit wisata Patenggang ini. Kita bisa berpanas-panas dahulu di Kawah Putih, Cimanggu, Cibuni, lalu dilanjutkan dengan ngadem di Situ patenggang. 

Banyak keistimewaan bila kita berkunjung ke tempat wisata Patenggang ini. Diantaranya;
  • Akses menuju ke Patenggang sangat Mudah
  • Jalanan mulus berkelok
  • Dekat dengan objek wisata favorit di Ciwidey
  • Hawa sejuk
  • Fasilitas lengkap
  • Akomodasi mudah
  • Dan banyak lagi yang lain
 


Berbeda dengan wisata bahari yang biasanya kita harus rela hati berpanas-panasan hingga kulit kita gosong-gosong eksotis karena terpapar sinar mentari. Wisata di Patenggang menyajikan suasana dan pengalaman yang berbeda. 

Udaranya yang sejuk seakan menguras residu udara jahat dari paru-paru kemudian diisi dengan udara yang bersih meyehatakan. Kepenatan pikiran dan beban permasalahan seketika sirna ketika kita menghirup sejuk dan segarnya udara Patenggang.








Hamparan perkebunan teh yang telah bercukur rapi dengan celupan warna hijau muda dan tua merata di sepanjang mata memandang. Menyaksikan panorama seperti ini sangat memanjakan mata. Inilah cuci mata beneran sepertinya mata kita sedang dicuci dan dibersihkan. Dijamin mata kita akan berbinar dan kembali berdaya.

Situ Patenggang yang luas ini dalah lautan air yang ada di daratan. Jadi ada dua keunggulan lagi di sini. Kita bisa melihat air yang seperti laut ini tanpa perlu panas-panasan pergi ke pantai. Dan kita bukan hanya dapat nuansa pegunungan dan dataran tinggi, kita juga mendapatkan nuansa pantai yang berlaut lepas.

Sarana dan prasarana di Patenggang sudah sangat lengkap. Mulai dari musola, WC, penginapan, pusat jajanan dan oleh-oleh, gazebo-gazebo, dan saung, temapat penyewaan perahu dan bebek-bebekan, dan banyak lagi yang lainnya.









Akomodasi bukan hal sulit di Patenggang. Di area sebelum Gunung Patuha banyak sekali resort, penginapan, dan rumah yang disediakan sebagi tempat menginap dengan kisaran harga variatif. Mulai dari Rp 200.000,- sampai Rp 1.500.000.

Biasanya menjelang natal, tahun baru, libur panjang, dan lebaran, tarif penginapan, villa, resort, dan hotel meningkat tajam. Hal ini dikarenakan faktor penawaran dan permintaan. Yang ditawarkan sedikit sementara permintaan sangat banyak. jadinya ita harus menerima konsekwensi dan rasionalisasi ini

Selamat berkunjung .... !!!!.


0 comments:

Posting Komentar