Pages

Home » » Kisah Situ Patenggang

Kisah Situ Patenggang

Situ Patenggang adalah sebuah danau alami yang sangat luas. Berlokasi tidak jauh dari tempat wisata Kawah Putih di Daerah Ranca Bali - Ciwidey Bandung, hanya berjarak 5,6 KM. Pesona keindahan Situ Patenggang sangat ampuh menarik minat pengunjung dari berbagai tempat di Jawa Barat dan juga daerah lain di Indonesia bahkan turis mancanegara pun banyak yang sudah datang mengeksplorasi tempat wisata ini.

 Secara ilmiah keberadaan Situ Patenggang sangat dapat dijelaskan. Namun selalu saja tempat indah biasanya menyimpan cerita dan latar yang diagungkan dan dipuja. Kemudian cerita itu menjadi kisah yang turun temurun diceritakan oleh orang-orang dari generasi ke generasi melewati masa-masa yang panjang hingga membentuk satu rangkaian kisah yang melegenda.

Tersebutlah secara tutur tinular (cerita mulut ke mulut) bahwa dahulu kala semasa kerajaan Pajajaran Sunda sedang menghadapi peperangan dahsyat yang memaksa dua insan yang saling menyayangi terpisah karena sang pria harus pergi berperang membela negara.

Maka sebelum berpisah sepasang kekasih ini saling berjanji untuk saling setia. Sang pria berjanji bila berjaya dan selamat akan segera menemui sang putri dan mereka akan menikah. Sang puteri pun begitu pula, ia pun berjanji akan selalu setia tidak akan berpaling cinta pada yang lain. Maka berangkatlah sang pria tadi yang bernama Ki Santai meninggalkan kekasihnya itu yang bernama Nyai Rengganis.

Lama mereka tidak bertemu, bertahun-tahun tidak datang juga Ki Santang menemui Nyai Rengganis. Suatu hari, ketika Nyai Rengganis sedang duduk sendirian menahan rindu kepada kekasih hati, tiba-tiba Ki Santai datang menghampiri. Sambil tersenyum ia berlari melepas rindu kepada Nyai Rengganis.

Setelah bertemu akhirnya Ki Santang membuat danau besar yang di tengahnya dihiasi pulau kecil yang kelak orang menamainya pulau cinta. Itu semua sebagai bukti cintanya Ki Santang kepada Nyai Rengganis. Demikian kisah singkat Situ Patenggang. Selamat berkunjung ke Situ Patenggang Ciwidey - Bandung - Indonesia

0 comments:

Posting Komentar