Pages

Home » » Papajar ke Situ Patenggang

Papajar ke Situ Patenggang

Dalam tradisi di Jawa Barat khususnya Bagian Selatan ada tradisi papajar. Apa itu Papajar ? Papajar adalah rekreasi yang dilakukan dalam rangka menyambut Bulan Ramadhan. Biasanya papajar dilakukan oleh rombongan keluarga, masyarakat sekampung, atau teman sehobi atau kawan seperjuangan. Kegiatan yang utama adalah makan-makan. Biasanya bekal sudah disiapkan khusus dari rumah masing masing, namun tidak jarang pula memasak di tempat tujuan sesaat setelah sampai di lokasi.

Situ Patenggang merupakan Taman Wisata Alam yang sangat terkenal di daerah Ciwidey. Lokasinya setelah Taman Wisata Air Panas Rancabali. Pemandangan alamnya yang indah serta iklim dan udaranya yang sejuk membuat tempat ini menjadi favorit para pengunjung. Sungguh sangat tentram berada di tepian danau yang luas itu.

Selain hal-hal di atas yang menjadi daya tari pariwisata, Situ Patenggang juga kaya akan fasilitas penunjang. Sesaat setelah kita menempatkan kendaraan parkir yang sudah tertata rapi kita langsung bisa menjelajahi tiap sudut tempat yang ada di sana. Kita juaga bisa berbelanja di toko-toko yang menjual olh-oleh khas Situ Patenggang. Terdapat aneka olh-oleh yang dapat kita beli sebagai buah tangan bagi keluarga dan sahabat di rumah.

Aneka kaos, boneka, souvenir, aksesoris, barang-barang antik, makanan, minuman, panganan yang berasala dari olahan makanan khas Ciwidey banyak tersedia di sini, tentunya dengan harga yang bervariasi.

Dengan ini saya beserta calon isteri sengaja memilih Situ Patenggang untuk Papajar. Selain itu salah satu faktor yang paling menarik adalah udaranya yang sejuk. Jadi sesaaat kami yang sangat hobi menyanyi bisa menyegarkan kembali paru-paru dan pita suara sampai bersih.

Tiket

Adapun tiket masuk Situ Patenggang saat kami datang ke Sana kemarin pakai sepeda motor dikenakan tarif Rp 45.000,-. Itu belum termasuk tiket penitipan helm dan WC. Sedangkan untuk gazebo yang akan disewa oleh satu rombongan dikenakan tarif sebsar Rp 150.000,- dan bila anda ingin tempat duduk yang mudah dibawa-bawa maka anda bisa menyewa tikar dengan Rp 10.000,- saja.

Photo-Photo

Mengambil Photo di Situ Patenggang harus pas mentari menyinari Situ Patenggang tanpa terhalang mendung. Ringkasnya harus pas cuaca cerah. Karena bila intensitas cahaya kurang maka gambar yang dihasilkan pun kurang baik. Dan saat kami kemarin datang ke sana kami sangat senang karena cuacanya sangat mendukung. Berikut foto-foto kami;
































0 comments:

Posting Komentar