Pages

Home » » Mengenal Jalan Braga di Sekitar Grand Royal Panghegar Hotel Bandung

Mengenal Jalan Braga di Sekitar Grand Royal Panghegar Hotel Bandung

Jalan Braga menjadi ikon yang tidak bisa dilupakan dari Kota Bandung. Jalan Braga merupakan salah satu jalan yang sudah ada sejak jaman Belanda di Bandung. Jalan ini masih dilestarikan sebagai pertokoan dan pusat perbelanjaan yang bisa dikunjungi ketika berada di Bandung, terutama jika menginap di Grand Royal Panghegar Hotel Bandung dan hotel dekat Grand Royal Panghegar Hotel Bandung yang lainnya.

Grand Royal Panghegar Hotel Bandung City West Java merupakan hotel berbintang empat yang lokasinya sangat dekat dengan Jalan Braga. Selain itu, hotel ini bisa dijangkau dengan mudah dengan berjalan kaki selama dua belas menit dari Stasiun Kereta Api Bandung dan berada enam kilometer dari Bandara Internasional Husein Sastranegara. Jalan Braga menjadi tempat yang paling tepat untuk melepas penat jika Anda menginap di hotel ini.

Mengenal Jalan Braga di Sekitar Grand Royal Panghegar Hotel Bandung
Grand Royal Panghegar Hotel Bandung


Jalan Braga dulunya tidak seramai sekarang. Dulunya, Jalan Braga merupakan sebuah jalan kecil yang dinamakan Jalan Culik. Alasan mengapa Jalan Braga dinamakan Jalan Culik karena jalan ini berada di kawasan pemukiman yang sepi yang konon rawan penculikan dan kejahatan yang lain. Namun, ketika Belanda sudah masuk ke Kota Bandung, Jalan Braga mulai menjadi kawasan bisnis dan hiburan. Pemerintah kolonial Belanda mulai mendirikan pusat-pusat hiburan seperti bar dan pertokoan seperti toko Onderling Belang yang sudah ada sejak tahun 1900-an. Memasuki tahun 1920-an, butik-butik mulai berdiri di sepanjang Jalan Braga.

Seiring berjalannya waktu, Jalan Braga memiliki deretan bangunan dengan arsitektur khas Eropa, terutama butik-butik yang mengusung konsep khas butik di Kota Paris, Prancis. Di Jalan Braga juga mulai didirikan Societeit Concordia yang merupakan kawasan perkantoran untuk mengurus administrasi Kota Bandung pada jaman kolonial Hindia Belanda. Namun, sekarang gedung Societeit Concordia dikenal dengan nama Gedung Merdeka atau Gedung Asia Afrika yang menjadi salah satu landmark bersejarah di Kota Bandung.

Ada juga sejarah Hotel Royal Panghegar Hotel Bandung, Hotel Savoyy Homann dan hotel-hotel lain yang memenuhi kawasan Jalan Braga. Hotel-hotel ini dijadikan tempat menginap tamu-tamu Belanda yang sedang dalam perjalanan dinas di Kota Bandung pada jaman kolonial Hindia Belanda. 

Di era modern, Jalan Braga menjadi jalanan yang populer di Kota Bandung karena nilai sejarah dan juga nilai ekonominya. Jalan Braga yang memiliki panjang sekitar 700 meter ini menjadi pusat perbelanjaan kelas menengah ke atas yang menjual barang-barang berkualitas.

Jalan Braga menjadi pusat mode di Kota Bandung yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di Kota Bandung. Sekarang Jalan Braga lebih dikenal dengan nama Braga City Walk yang menyuguhkan konsep One Stop Holiday. Dengan konsep One Stop Holiday, kawasan Jalan Braga atau Braga City Walk menyuguhkan wisata modern seperti belanja di mal, bioskop, karaoke dan kafe-kafe. Walau Jalan Braga sudah menyuguhkan konsep pusat perbelanjaan yang modern, bangunan-bangunan yang berdiri di sepanjang Jalan Braga masih mempertahankan arsitektur khas Belanda.

Karena kawasan Jalan Braga yang menarik banyak wisatawan untuk mengunjungi Kota Bandung, tidak heran jika di Jalan Braga berdiri banyak hotel murah dekat Grand Royal Panghegar Hotel Bandung mau pun hotel-hotel berbintang. Hotel-hotel tersebut dibangun untuk menyediakan akomodasi yang nyaman untuk para wisatawan yang ingin mengunjungi Jalan Braga dan objek wisata lain yang ada di Kota Bandung seperti Ciwalk atau Cihampelas Walk, Lembang, Dago, Gedung Sate dan masih banyak lagi.

0 comments:

Posting Komentar